Langsung ke konten utama

Perbandingan Pelayanan Jasa Penerbangan Maskapai Garuda Indonesia ( Pemerintah) Dengan Maskapai Sriwijaya Air ( Swasta)



Maskapai Garuda Indonesia
PT Garuda Indonesa (Persero) Tbk adalah maskapai penerbangan nasional yang dimiliki oleh Pemerintah Indonesia ( BUMN ). Sejarah berdirinya PT Garuda Indonesia bermula pada tanggal 16 juni 1948. Presiden pertama RI, Ir Soekarno memberikan idennya di depan sejumlah pemuka pedagang aceh untuk membeli pesawat DC 3 (Dakota) dalam rangka melanjutkan dan meningkatkan revolusi kemerdekaan melawan belanda. Pidato Soekarno yang berkharisma tersebut dapat memukau dan meyakinkan mereka sehingga dalam tempo dua hari, mereka dipimpin oleh Bapak Djuned Yusuf dan Bapak Said Muhammad Alhabsyi, berhasil mengumpulkan uang sebanyak 130.000 Strait Dollar dan 20 kg emas (Rispan, 2005).
Dengan modal tersebut Opsir Udara II, Wiseko Supomo selaku ketua misi pembelian yang kemudian disusul oleh beberapa pedagang aceh pergi ke Singapura untuk membeli pesawat DC-3 (Dakota). Pada akhir Oktober 1948 pesawat tersebut dibawa ke Indonesia dan ditempatkan di Maguwo, Yogyakarta. Pesawat tersebut kemudia diberi nama RI 001 “SEULAWAH” (gunung emas) yang diambil dari nama sebuah gunung di Aceh, sebagai ucapan terima kasih kepada rakyat Aceh (Rispan, 2005).
Seperti yang diungkapkan Rispan (2005) perusahaan penerbangan bernama Garuda Indonesia Airways dinyatakan berdiri bersamaan dengan pengakuan kedaulatan Republik Indonesia pada tanggal 27 Desember 1949. Tetapi sejarah mencatat bahwa pada tanggal 26 januari 1949 merupakan hari lahirnnya penerbangan niaga Indonesia.
Sekarang PT. Garuda Indonesia adalah maskapai penerbangan Indonesia yang berkonsep sebagai full service airline (maskapai dengan pelayanan penuh). Saat ini Garuda Indonesia mengoperasikan 82 armada untuk melayani 33 rute domestik dan 18 rute internasional termasuk Asia (Regional Asia Tenggara, Timur Tengah, China, Jepang dan Korea Selatan), Australia serta Eropa (Belanda).

Berbagai penghargaan pun telah diterima oleh Garuda Indonesia sebagai bukti dari keunggulannya. Pada tahun 2010, Skytrax menobatkan Garuda Indonesia sebagai “Four Star Airline” dan sebagai “The World’s Most Best Improved Airline”. Selanjutnya pada Juli 2012, Garuda Indonesia mendapatkan penghargaan sebagai “World’s Best Regional Airline” dan “Maskapai Regional Terbaik di Dunia”.  Sebuah lembaga konsultasi penerbangan bernama Centre for Asia Aviation (CAPA), yang berpusat di Sydney, juga memberikan penghargaan kepada Garuda Indonesia sebagai “Maskapai yang Paling Mengubah Haluan Tahun Ini”, pada tahun 2010. Sedangkan Roy Morgan, lembaga peneliti independen di Australia, juga memberikan penghargaan kepada Garuda Indonesia sebagai “The Best International Airline” pada bulan Januari, Februari dan Juli 2012 (http://www.garuda-indonesia.com/).
Saat ini Garuda Indonesia memiliki tiga hub di Indonesia. Pertama adalah hub bisnis yang berada di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta. Kedua adalah hub di daerah pariwisata yang berada di Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Bali. Kemudian untuk meningkatkan frekuensi penerbangan ke bagian timur Indonesia, Garuda Indonesia juga memiliki hub di Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan (http://www.garuda-indonesia.com/).
PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. adalah maskapai pertama dan terbesar di Indonesia, Dengan pendekatan berorientasi “melayani”, Garuda Indonesia bertujuan menjadi penyedia layanan terdepan bagi wisatawan di negara inisekaligus menyediakan layanan pengiriman barang melalui udara. Grup Garuda Indonesia pada saat ini memiliki lima anak perusahaan yakni PT Aerowisata, PT GMF Aero Asia, PT Abacus Distribution System, PT Gapura Angkasa dan PT Aero System Indonesia. Pada bulan Februari 2011, Garuda Indonesia telah menjadi Perusahaan Publik dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Pelayanan Penerbangan Maskapai Garuda Indonesia
Garuda Indonesia Experience adalah konsep layanan baru yang menyajikan aspek-aspek terbaik dari Indonesia kepada para penumpang. Mulai dari saat reservasi penerbangan hingga tiba di bandara tujuan, para penumpang akan dimanjakan oleh pelayanan yang tulus dan bersahabat yang menjadi ciri keramahtamahan Indonesia, diwakili oleh ‘Salam Garuda Indonesia’ dari para awak kabin.
Dengan pengenalan konsep Garuda Indonesia Experience, Garuda Indonesia menciptakan ciri khas yang membanggakan, sekaligus meningkatkan citra Indonesia di dunia internasional. Konsep Garuda Indonesia Experience didasarkan pada 5 pancaindra atau “5 senses” (sight, sound, scent, taste, dan touch) dan mencakup 24 “customer touch points”; mulai dari pelayanan pre-journey, pre-flight, in-flight, post-flight dan post-journey.
Sejak pertama diluncurkan pada 2009, Garuda Indonesia Experience mengandalkan keramahtamahan Indonesia. Ini sejalan dengan visi Garuda Indonesia, yaitu perusahaan penerbangan yang handal, menawarkan layanan berkualitas bagi masyarakat dunia dengan menggunakan keramahan Indonesia. Garuda Indonesia mengemban misi khusus sebagai perusahaan penerbangan pembawa bendera bangsa Indonesia, yang mempromosikan Indonesia kepada dunia. Konsep keramahtamahan Indonesia ini diterjemahkan dalam ikon-ikon yang mengandalkan pancaindra, yang antara lain tercermin dari penggunaan bahan dan ornamen khas Indonesia untuk interior pesawat, aroma wewangian bunga khas Indonesia, musik khas Indonesia, serta cita rasa makanan dan minuman khas Indonesia. Pada 2009, perusahaan melakukan program peremajaan untuk armada-armada lama, Boeing 747-400 dan Airbus 330-300, dengan mengganti interior pesawat dan menambah fasilitas AVOD (Audio and Video on Demand). Langkah yang sesuai dengan konsep layanan Garuda Indonesia Experience.
Di samping melibatkan pancaindra, konsep Garuda Indonesia Experience juga harus memiliki nilai-nilai dasar sebagai berikut: tepat waktu dan aman (tentang produk), cepat dan tepat (tentang proses), bersih dan nyaman (tentang bangunan) serta andal, profesional, kompeten dan siap membantu (tentang staf). Konsep ini diterima dengan baik oleh pelanggan Garuda Indonesia.
·         Pelayanan Sebelum Keberangkatan
Untuk menjadi perusahaan penerbangan yang unggul dan terkemuka, Garuda Indonesia memiliki misi untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan bukan hanya di dalam pesawat tetapi juga di bandara melalui layanan-layanan kelas satu.
a.Check in
Garuda menyarankan kepada penumpang untuk check-in di bandara paling lambat 1 (satu) jam sebelum keberangkatan dengan tujuan dalam negeri atau 2 (dua) jam  sebelum keberangkatan dengan tujuan luar negeri, namun akan lebih baik jika Anda tiba di bandara lebih awal dari yang ditentukan.
Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi Garuda Indonesia Call Center di 0804 1 807 807 (Khusus Indonesia) atau +62 21 23519999. Ada beberapa layanan untuk check in, diantaranya :
a.       City Check-in
Layanan City Check-in tersedia di kantor penjualan Garuda Indonesia (kantor cabang domestik atau internasional) dan dapat diakses dalam kurun waktu 24 jam hingga 4 jam sebelum keberangkatan.
b.      Web Check-in
Web Check-in yang ditawarkan oleh Garuda Indonesia adalah cara lain untuk check in melalui situs web. Layanan ini hanya tersedia untuk rute penerbangan dalam negeri.
c.       Phone Check-in
Para penumpang yang memiliki tiket dan/atau telah membeli melalui sistem online dapat check in melalui telepon dengan Call Center Garuda Indonesia.
d.       Mobile Check-in
Para penumpang yang memiliki tiket dan/atau telah membeli melalui sistem online dapat check-in melalui telepon dengan Call Center Garuda Indonesia. Mobile Check-in saat ini sedang dalam pengembangan dan akan diaktifkan sesegera mungkin.
b. Layanan Premium
Penumpang Garuda Indonesia kini dapat menikmati layanan premium yang dimulai bahkan sebelum mereka naik ke pesawat. Beberapa layanan yang disediakan adalah fasilitas ruang tunggu premium, bantuan perorangan (PSA) dan jalur pengurusan imigrasi yang lebih cepat.
a.       Premium Check-in
Penumpang kini dapat menikmati proses check-in dengan layanan kelas satu melalui fasilitas terbaru Garuda, Premium Check-in. Anda akan dilayani oleh petugas atau staf khusus sebagai Personal Service Assistant (PSA) dan disediakan fasilitas kursi tunggu saat menanti nomor penerbangan Anda dipanggil.
b.      Lounge
Di Ruang Tunggu Eksekutif, Garuda menghadirkan berbagai fasilitas kelas dunia, termasuk business center, jaringan internet nirkabel,refreshing area, reflexology machine, shower, nursery room dan ruang beribadah.

c.       Passenger Service Assistance
Passenger Service Assistance (PSA) adalah pelayanan tambahan yang diberikan Garuda Indonesia di bandara. Petugas Garuda Indonesia akan membantu penumpang,memastikan kemudahan dan kenyamanan penumpang, baik saat  keberangkatan maupun kedatangan.

·         Pelayanan Didalam Pesawat
Mulai perjalanan Anda dengan Garuda Indonesia Experience. Garuda hadir untuk memastikan kenyamanan Anda sepanjang perjalanan. Nikmati berbagai menu lezat dan pilihan hiburan. Duduk dengan nyaman dan berbelanja dengan on-board shopping ketika garuda membawa Anda ke tujuan. Berikut beberapa layanan dalam pesawat :
a.       Fitur Kabin
Seluruh armada dilengkapi dengan head rest fleksibel yang dapat disesuaikan untuk kenyamanan posisi istirahat Anda. Garuda juga menyediakan power socket di masing-masing kursi sehingga selama penerbangan Anda tetap dapat menyelesaikan pekerjaan dengan laptop atau gadget lainnya. Kita bisa tidur dengan nyaman dalam pesawat.
b.      Penjualan Dalam Pesawat
Miliki dan koleksi serangkaian barang eksklusif bebas bea dan penawaran spesial dalam layanan Sales on Board Garuda. Anda juga bisa mendapatkan penawaran dari Garuda dengan menukarkan mileage pointGFF Anda.
c.       Imigrasi Dalam Pesawat
Imigrasi dalam Pesawat atau Immigration on Board (IoB) adalah layanan khusus yang diciptakan oleh Garuda Indonesia demi kenyamanan penumpang dalam perjalanan ke Indonesia. Dengan adanya layanan sebagai hasil kerja sama dengan Direktorat Jenderal Imigrasi, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) ini, penumpang Garuda Indonesia penerbangan jarak jauh rute tertentu dapat menyelesaikan proses imigrasi mereka sebelum pesawat mendarat. Dengan memanfaatkan layanan ini, penumpang Garuda Indonesia tidak perlu lagi antre di bagian imigrasi begitu tiba di Bandara Internasional Ngurah Rai Denpasar atau di Bandara Internasional Soekarno Hatta di Jakarta, sehingga penumpang dapat menghemat waktu mereka yang berharga.

d.      Hiburan di dalam pesawat
Selama penerbangan, Anda dapat menikmati ragam pilihan hiburan Audio and Video on Demand dengan LCD TV layar sentuh dalam penerbangan jarak menengah berdurasi 2 jam atau lebih. Garuda menyajikan 58 film dan 50 program TV pilihan dengan berbagai kategori, mulai dari laga, drama, hingga komedi, sesuai dengan keinginan Anda.
Anda dapat memilih dari 25 saluran musik, 9 stasiun radio dan 140 album musik dengan berbagai genre, mulai dari pop, jazz, klasik, musik Indonesia. Termasuk di dalam pilihan ini adalah The Sounds of Indonesia, kompilasi lagu tradisional Indonesia gubahan Addie MS, dengan Garuda Indonesia sebagai produser. Anda juga dapat memainkan 25 permainan interaktif yang seru dan menghibur.

·         Pelayanan Penerbangan
Garuda Indonesia terus berusaha menyediakan layanan terbaik bagi penumpang Garuda, mulai dari merencanakan perjalanan hingga lepas landas, terbang, mendarat, berangkat dan seterusnya. Armada Garuda nyaman, bersih dan didesain untuk menciptakan pengalaman terbang yang menyenangkan.
a.       Revitalisasi Armada
Revitalisasi armada Garuda Indonesia bertujuan untuk memperbarui aset lama untuk menyesuaikannya dengan standar modern, sebagai salah satu dasar untuk terus mengembangkan modal dan memastikan pertumbuhan di industri penerbangan.
Garuda tengah melakukan program pengembangan armada melalui penambahan pesawat agar dapat lebih maksimal menangkap peluang pertumbuhan di masing-masing segmen pasar yang dilayani. Pada saat bersamaan, Garuda Indonesia juga akan menyederhanakan dan meremajakan pesawat agar dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan efisiensi biaya operasi.
Jenis pesawat yang dipakai akan distandardisasi yaitu jenis Boeing B737-800NG dan Bombardier CRJ1000NextGen untuk rute jarak pendek dan regional, Airbus A330-200/300 untuk rute jarak menengah, Boeing B777-300ER untuk rute jarak jauh, dan Airbus A320-200 untuk Citilink.



b.      Denah Tempat Duduk
Interior kabin terbaru Garuda Indonesia didesain khusus untuk menyediakan pengalaman terbang yang tak terlupakan bagi para penumpang, lengkap dengan kenyamanan tempat duduknya. Pada 2009, Garuda Indonesia menambahkan jajaran pesawat baru berupa Airbus A330-300 dan Boeing 737-800 Next Generation. Tempat duduk kelas eksekutif dalam Airbus 330 dapat direbahkan hingga 180 derajat. Lalu pada 2012 Garuda Indonesia juga menambahkan pesawat baru Bombardier CRJ1000 NextGen.

·         Pelayanan Makanan dan Minuman
Garuda Indonesia menyajikan ragam kuliner terbaik Indonesia  yang tercipta dari bahan-bahan alami dan diracik dengan cita rasa global yang menggugah selera. Ada dua pilihan menu yang menggugah selera :
a.       Executive Class
Berbagai pilihan anggur merah dan putih dari Australia dan Perancis, sampanye, minuman beralkohol, bir dan minuman bersoda disediakan sebagai bagian dari pelayanan.
b.      Economy Class
Penumpang dapat menikmati berbagai macam pilihan makanan khas Indonesia yang disajikan hangat, perpaduan makanan ringan dan minuman yang disesuaikan dengan jarak penerbangan.

·         Pelayanan Tanya Petugas Garuda
Garuda Indonesia memiliki komitmen untuk selalu menyediakan pelayanan yang terbaik pagi penumpang Garuda. Salah satu wujud komitmen ini adalah dengan membekali para petugas Garuda dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjawab kebutuhan Anda. Para petugas Garuda bertanggung jawab untuk memastikan keamanan dan kenyamanan Anda bukan hanya selama perjalanan, tetapi juga sebelum dan sesudahnya. Untuk meningkatkan mutu pelayanan, Garuda  juga telah mempersiapkan para petugas untuk terus ada dan siap sedia jika dibutuhkan. Bukan hanya ada secara fisik, namun juga secara non-fisik melalui layanan online Garuda.

Maskapai Sriwijaya Air
PT SRIWIJAYA AIR lahir sebagai perusahaan swasta murni yang didirikan oleh Chandra Lie, Hendry Lie, Johannes Bunjamin, dan Andy Halim. Sriwijaya air kemudian memulai usahanya dengan bermodalkan satu armada Boeing 737-200. Beberapa tenaga ahli yang turut menjadi pionir berdirinya Sriwijaya Air diantaranya adalah Supardi, Capt. Kusnadi, Capt. Adil W, Capt. Harwick L, Gabriella, Suwarsono dan Joko Widodo.
Pada tahun 2003, tepat pada hari Pahlawan, 10 November, Sriwijaya Air memulai penerbangan perdananya dengan menerbangi rute Jakarta-Pangkalpinang PP, Jakarta-Palembang PP, Jakarta-Jambi PP, dan Jakarta-Pontianak PP. Saat ini, Sriwijaya Air memiliki 32 Armada Boeing dengan melayani total 41 rute termasuk rute regional Medan-Penang PP dan rute international lainnya. Dalam rangka pengembangan rute dan pangsa pasar, tahun ini Sriwijaya Air akan mendatangkan tambahan armada Boeing seri 737-800 New Generation (NG).
Dalam perawatan dan pemeliharaan armada, Sriwijaya Air melakukan kerjasama dengan PT Aero Nusantara Indonesia (ANI) dan Garuda Maintenance Facility (GMF) sebagai maintenance provider terpercaya di Indonesia yang bertaraf internasional. Kerjasama ini dimaksudkan aagar para pelanggan Sriwijaya Air akan mendapatkan keamanan dan kenyamanan yang optimal. Selain itu, tenaga kerja yang dimiliki Sriwijaya Air merupakan sumber daya manusia (SDM) pilihan yang terampil, ramah dan terpercaya.

Pelayanan Penerbangan Maskapai Sriwijaya Air
·         Pelayanan Pengiriman Barang
Sriwijaya Air menawarkan layanan pengiriman barang ke berbagai daerah di Indonesia dan mancanegara. Kami mengerti kebutuhan Anda akan keamanan kiriman, kenyamanan pelayanan dan harga yang barsaing. Kami telah membuktikan bahwa layanan cargo kami adalah salah satu yang terbaik di Indonesia.
Hubungi tim reservasi cargo
Telp (62) 021-55913490 / 55913491
Fax : (62) 021-55911983
·         Pelayanan Pra-Penerbangan
Kemudahan bertransaksi yang diberikan Sriwijaya Air melalui berbagai fasilitas yang telah kami siapkan untuk Anda :
1.      Contact Center 24 jam: 021-292 79 777 atau 0804 1 777 777, siap melayani kebutuhan Anda 24 jam sehari 7 hari seminggu
2.      Kantor Cabang Penjualan yang tersebar di berbagai lokasi strategis di setiap kota di Indonesia. Temukan kantor kami yang terdekat dengan lokasi Anda disini
3.      Online Booking melalui www.sriwijayaair.co.id yang dilengkapi dengan fasilitas e-payment Klik BCA dan Virtual Account Permata akan membuat Anda menyelesaikan transaksi dengan kami dimanapun Anda berada tanpa Anda perlu meninggalkan tempat duduk Anda
4.      Bagi Anda yang melakukan online booking dan menginginkan transaksi pembayaran melalui ATM, kami pun telah menyediakannya untuk Anda melalui ATM BCA, ATM Mandiri, ATM BII, ATM BNI, ATM BRI dan ATM SUMSEL BABEL
5.      Bagi Anda yang melakukan online booking dan menginginkan transaksi pembayaran melalui Kartu Kredit, kami pun telah menyediakan untuk anda melalui kartu kredit Visa atau Master
6.      Electronic Ticket (e-ticket) yang kami sediakan untuk Anda sebagai pengganti tiket konvensional (blanko), lebih ringkas, mudah dan aman

·         Pelayanan Dalam Pesawat
Pelayanan dalam pesawat  yang diberikan Sriwijaya Air bersama tim udara, yaitu  menawarkan beragam penganan manis di awal perjalanan anda . Sambil duduk santai, anda  dapat membaca aneka informasi dari majalah dan koran yang telah kami sediakan. Pramugari pramugara kami akan mengantarkan makanan lezat melengkapi kenyamanan perjalanan Anda.
Bagi anda  yang hobi mengumpulkan pernak-pernik, atau sekadar membawakan buah tangan bagi keluarga dan sanak famili di rumah, sriwijaya air menyediakan berbagai produk berkualitas khas Sriwijaya Air di Sales On Board kami. Sebelum memesan, anda   dapat melihat daftar produk pada katalog yang tersedia di setiap kantung kursi pada pesawat Sriwijaya Air.
·         Pelayanan Paska-Penerbangan
Pada Paska-Penerbangan Sriwijaya Air memberikan pelayanan kepada konsumen sebagai berikut :
1.      Pada saat sampai di bandara tujuan, petugas kami akan menyambut dan mengarahkan Anda ke tempat pengambilan bagasi atau ke tempat lapor transit bagi Anda yang ingin melanjutkan penerbangan kembali.
2.      Bagi penumpang yang memerlukan penanganan khusus, seperti menggunakan kursi roda, petugas kami selalu siap membantu untuk mengantar sampai area depan terminal kedatangan untuk dijemput keluarga.
3.      Kami selalu berusaha agar bagasi dapat secepatnya Anda terima.
4.      Petugas Lost & Found kami selalu sigap mengamankan barang-barang Anda yang tidak sengaja tercecer. Silakan hubungi petugas kami jika Anda memerlukan bantuan.
5.      Tim kami siap melayani Anda dengan senyum. Jangan ragu untuk meminta bantuan saat Anda mengalami kesulitan.

·         Pelayanan Sriwijaya Travel Insurance
Manfaat Pertanggungan yang diberikan maskapai Sriwijaya Air, sebagai berikut :
Pembatalan atau Penghentian Perjalanan oleh Pax
Penggantian atas BIAYA PENERBANGAN yang tidak digunakan dan/atau bagian yang tidak dapat dikembalikan
Maks Rp 4,000,000

Keterlambatan Penerbangan
Memberikan kompensasi sebesar untuk
keterlambatan melebihi 4 (empat) jam dari jadwal keberangkatan yang tercantum dalam original tiket
Rp. 400.000,- untuk min. Delay 4 (empat) jam sejak original departure schedule, selanjutnya Rp. 400.000,- per tambahan
keterlambatan setiap 4 jam, maks. Rp.4.000.000

 



Bagasi Terlambat
Memberikan kompensasi atas Keterlambatan Bagasi yang disebabkan
karena kesalahan penanganan bagasi yang dilakukan oleh Airlines
Min 6 jam namun kurang dari 24 jam sejak Actual Landing Schedule, Rp. 700.000,- per pax

Bagasi Hilang
Memberikan kompensasi atas Kehilangan Bagasi yang disebabkan
karena kesalahan penanganan bagasi yang dilakukan oleh Airlines
Min 24 jam sejak Actual Landing Schedule, Rp. 700.000,- per bagasi dan maks. Rp. 4.000.000,-  per tertanggung

Bagasi Rusak
Memberikan kompensasi atas Kerusakan Bagasi yang disebabkan
karena kesalahan penanganan bagasi yang dilakukan oleh Airlines
Merujuk kepada Tabel

·         Tabel Benefit Kerusakan Bagasi
   Ketentuan kompensasi
-     Bahan Bagasi dari Kertas, Plastik       Rp. 100.000,- per bagasi
-     Bahan Bagasi dari Kain, Kulit Sintetis           Rp. 200.000,- per bagasi
-     Bahan Bagasi dari Kayu         Rp. 300.000,- per bagasi
-     Bahan Bagasi dari Kulit          Rp. 400.000,- per bagasi
-     Bahan Bagasi dari Logam       Rp. 500.000,- per bagasi
Asuransi tidak memberikan kompensasi atas kerusakan atau kehilangan terhadap isi bagasi. Maksimum kompensasi untuk kerusakan bagasi adalah Rp 4,000,000 per Tertanggung .
Kondisi Khusus, Jaminan atas pertanggungan Kerusakan Bagasi ini tidak berlaku apabila Kompensasi atas terjadinya Klaim Kehilangan Bagasi telah diberikan kepada Tertanggung
·         Penyebab Timbulnya Resiko Yang Dicover Polis
§  Pembatalan atau Penghentian Perjalanan oleh Pax
1.      Meninggal
2.      Sakit
3.      Musibah (Kebakaran, Kecelakaan dan Gempa Bumi)
4.      Dialami oleh Pax maupun saudara sedarah / suami / istri dari Pax sehingga Pax menjadi No Show diBandara pada hari keberangkatan
§  Keterlambatan Penerbangan
1.      Penutupan Bandara oleh ATC, alasan VIP, Latihan Militer, Flight Jam on Runway, Power Shut Down or IT
2.      Trouble dan Catastrophe
3.      Cuaca Buruk, Kabut Asap
4.      Flight Technical Default
5.      Pemogokan Karyawan Airline
6.      Kondisi Khusus
Dalam hal terjadi aksi/kejadian yang penyebabnya tidak dijamin telah selesai namun berlanjut dengan keterlambatan penerbangan pesawat Maskapai Penerbangan yang dijamin dalam manfaat ini, pemberian santunan akan diberikan dan perhitungan keterlambatan dimulai dari pernyataan pihak Bandar Udara yang menyatakan bahwa Bandar Udara telah berjalan normal.





Kesimpulan
Pelayanan jasa penerbangan maskapai Garuda Indonesia ( Pemerintah) jauh lebih baik dari pelayanan jasa penerbangan maskapai Sriwijaya Air ( Swasta) dari segi fitur –fitur pelayanan yang sediakan maskapai untuk memberikan kenyamanan  bagi penumpang di mulai dari  pra- penerbangan, dalam penerbangan dan sampai pasca-penerbangan. Dikarenakan daya saing di sektor pelayanan jasa penerbangan di Indonesia sekarang ini  sangatlah tinggi menyebabkan pemerintah harus mampu bersaing dengan pelayanan jasa penerbangan swasta dalam memberikan pelayanan jasa transportasi penerbangan ke masyarakat (konsumen) yang berkualitas.

Referensi:
   di-pesawat/ (diakses, 11 Maret 2014).
   (diakses, 11 Maret 2014).
   10 Maret 2014).
  Maret 2014).
   2014).
http://www.sriwijayaair.co.id/id (diakses, 9 Maret 2014).



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Empat tipe bunuh diri menurut Emile Durkheim

_______ Nico Natanail Bangun_______ AN 07111401039 Durkheim mendefinisikan bunuh diri sebagai berikut : Bunuh diri istilah diterapkan untuk semua kasus kematian yang diakibatkan secara langsung atau tidak langsung dari tindakan positif atau negatif dari korban sendiri, yang dia tahu akan menghasilkan hasil ini. (Durkheim, 1897) Dia juga membedakan antara empat subtipe bunuh diri : 1.       Bunuh diri Egoistik (Bunuh diri yang dilakukan seseorang karena merasa kepentingan sendri lebih besar dari kepentingan kesatuan sosialnya) Mencerminkan rasa berkepanjangan tidak memiliki, tidak terintegrasi dalam sebuah komunitas , pengalaman , tidak harus menambatkan , ketidakhadiran yang dapat menimbulkan kesia-siaan , apatis , melankolis , dan depresi . Ini adalah hasil dari melemahnya obligasi yang biasanya mengintegrasikan individu ke dalam kolektivitas : dengan kata lain kerusakan atau penurunan integrasi sosial . Durkheim mengacu pada jenis bunuh diri sebagai ha

RESUME BUKU MANAJEMEN LOGISTIK KARANGAN H. SUBAGYA M.S

TUGAS PENGGANTI MID MATA KULIAH ADMINISTRASI LOGISTIK RESUME   BUKU MANAJEMEN LOGISTIK KARANGAN H. SUBAGYA M.S Disusun : Nico Natanail Bangun Nim      : 07111401039 Dosen   : Prof. Dr. H.M. Edwar Juliartha, MM Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jurusan Ilmu Administrasi Negara Universitas Sriwijaya 2013 Bab. I Pengertian Umum Logistik A.     Pengertian Umum Istilah logistik paling banyak dikenal untuk kalangan militer. Secara historis istilah ini mulai dalam kegiatan militer dan kenyataannya paling banyak dipakai dalam literature mengenai kemiliteran pula. Menurut literatur yang ada, yang pertama-tama menggunakan istilah ini adalah Angkatan Perang Amerika Serikat dalam perang dunia kedua. Adapun pengertian yang diberikan saat itu terbatas pada usaha atau kegiatan yang berhubungan dengan gerakan perbekalan manusia di medan pertempuran. B.      Maksud dan Tujuan Manajemen Logistik Di bidang militer, tujua